Pages

OBAT TRADISIONAL "JAHE"

Jahe adalah tanaman/tumbuhan yang termasuk kedalam kelompok rempah-rempahyang memiliki nama latin ZingiberofficinaleRosc. Jahe biasanya dijadikan sebagai bumbu yang sering digunakan sebagai bumbu dapur karena aroma dan rasanya yang dapat menyedapkan masakan . Selain itu jahe juga dapat dujadikan sebagai minuman yang biasa disediakan di angkringan yang disebut wedang jahe.Selain untuk penyedap masakan dan bumbu masak, jahe juga dikenal sebagai bahan ramuan obat tradisional. Yang cara penyajiannya dengan dikombinasikan dengan bahan lain yang oleh para orang tua diyakini untuk meningkatkan vitalitas seseorang. Kandungan minyak esensial dalam jahe bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, anti-peradangan, dan antibakteri.


Beberapa manfaat dan khasiat jahe untuk mengobati berbagai penyakit yaitu sebagai berikut :1. Pilek    Ambil seibu jari jahe tua dicuci bersih, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula merah. Didihkan sekitar ¼ jam dan saring. Siap untuk diminum. 2. Batuk    Caranya, diambil seribu jari jahe dicuci bersih dan dimemarkan/digeprek. Rebus dengan 2 gelas air hingga airnya setengah. Minumlah airnya setelah hangat sekaligus.3. Sakit kepala / migrain    Caranya, ambil seribu jari jahe dicuci bersih, dibakar, dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula merah. Minum air putih sekaligus.4. Rematik, nyeri punggung, nyeri punggung    Caranya cukup gunakan jahe untuk mengobatinya. Hancurkan rimpang jahe yang telah dicuci, lalu beri sedikit eau de cologne. Gosokkan ke bagian yang sakit.5. Masuk angin    Caranya diambil seibu jahe rimpang jari dicuci dan diiris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai dingin. Minumlah air tersebut sekaligus.6. Mual    Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati perut mual: Seibu jari jahe dicuci bersih dan dipemarkan. Seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.7. Eksim    Cranya ambil seribu jari jahe diparut dan kemudian diperas. Parut juga lobak, lalu campurkan dengan jus jahe. Tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan bagian yang terkena eksim.8. Panu     Caranya dengan diambil jahe dan tumbuk 2 butir jahe dan segenggam daun turi yang telah dicuci bersih. Oleskan bahan-bahan ke kulit yang dibudidayakan.9. Terkilir    Caranya dengan diambil dua bagian jahe diparut dan ditambahkan sedikit garam. Oleskan campuran ini pada tungkai yang terkilir. Lakukan dua kali sehari.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Netizen Viewer

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

KATEGORI ARTIKEL

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.